Monday, May 11, 2009

The Golden Dawn

Komplotan rahasia The Golden Dawn (Fajar Emas) didirikan pada tahun 1888 di Inggris oleh tiga anggota Freemansonry; William Wynn Westcott, William Robert Woodman dan Samuel Liddell Mac Gregor Mathers. Semula komplotan ini beranggotakan 300 orang lebih. Aleister Crowley, Aubrey Beardsley dan William Butler Yeats adalah beberapa nama terkenal yang menjadi anggota The Golden Dawn. Komplotan ini sangat terkenal sebagai organisasi rahasia pada abad ke 19 yang menjadi era kebangkitan mafia- mafia. Jaringan para penjahat elit ini menggunakan ilmu hitam paling berpengaruh di Barat sebagai cara untuk menundukkan dan mengalahkan lawan. Tapi komplotan in bubar pada 1941 akibat perebutan pengaruh.

The Golden Dawn menjalankan lima ritual khusus dengan mengadopsi ritus Masonic yang maktub dalam manuskrip Freemansonry. Lima ritual itu adalah penjelasan kode - kode dalam "buku suci" William Wynn Wescott sang penyidik London spesialis kematian. Naskah itu disertai surat instruksi kepada setiap anggota untuk memahami Sapiens Dominabitur Astris (Sang bijak penebar benderang). Fraulein Anna Sprengel, penguasa distrik L.L.L. (Licht, Liebe, und Lieben atau Light, Love and Life) Rosicruanisme Jerman adalah seorang sumebr wacana hidup untuk memahaminya. Inilah bias yang menimbulkan keraguan bahwa The Golden Dawn mengadopsi "buku suci" Freemansonry London ketika menjalankan ritus di kuil Isis-Urania, 17 Fitzroy, London. Kemungkinan besar ritus The Golden Dawn ini buah imajinasi Wescott. Dugaan ini sulit di bantah, karena Wescott hanya berbekal "buku suci" Masonic yang di dapatnya dari sebuah toko buku di London. Bukan dari sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.

Samuel Liddell, MacGregor Mathers adalah sosok paling kharismatik dan eksentrik jika di banding dua rekan Freemansonrynya. Mathers menambahkan "MacGregor" sebagai nama depannya karena dia memiliki hubungan romantis dengan suku - suku Skotlandia. Mathers menjadai pengendali struktur komplotan itu setelah berusaha keras dan tak kenal lelah menguntak - atik dan meracik ritual yang kemudian menjadikannya sistem keyakinan terpadu. Sebagai pelajar yang menekuni teks sihir kuno, Matheres berhasil menyederhanakan konsep pengajaran yang rumit menjadi padat dan praktis. DIa uraikan ilmu magis karya pakar sihir perancis, Alphonse Louis Constant (Magus Eliphas Levi). DIa memahami kosmologi Kabbalistik, Kitab Tarot, Ritual - ritual Alkemis dan nujum yang tidak di ajarkan kitab - kitab abad pertengahan dan metafisika Timur, termasuk mitologi Babilonia, Yunani, Mesir, Hindu dan Budha.

The Golden Dawn mewajibkan fase - fase hirarkis untuk dilalui setiap anggotanya. Fase hirarkis ini terdiri dri 10 tahap ilmu sihir. Tahap awal adalah Neophyte yang menghantarkan kepada tahap Ipsissimus. Tahap ini berdasar 10 tingkatan Sephiroth atau berhubungan dengan emanasi Kabbala. Anggota - anggota THe GOlden Dawn berambisi mengendalikan alam dalam kuasa makhluk. Tahapan tersebut dapat di raih dengan mempelajari dan menjalani ritual - ritual Masonic di kuil - kuil khusus yang di beri nama dewa - dewa Mesir kuno.

Tahapan - tahapan itu di bagi menjadi tiga golongan; Pertama Golden Dawn, Kedua Red ross and GOlden Cross (Mawar Merah dan Palang Emas) dan ketiga Silver Star (Bintang Perak). Para pejabat Golden Dawn membawahi golongan kedua. Golongan ketiga sebagai pelaksana rencana - rencana.

Perseteruan cukup tajam terjadi di antara anggota - anggota utamanya. Woodman mati pada tahun 1891 dan tidak ada yang menggantikan posisinya. Selanjutnya Mathers dan Wescott terus berseteru. Lalu Mathers pindah ke Paris untuk membentuk komplotan sendiri. Organisasi ini bisa selamat semata - mata karena pelindungan Annie Horniman, anggota yang kaya raya. Namun pada tahun 1896, setelah berseteru dengan Mathers, Annie Horniman di pecat dan sejak itu menghentikan donasinya.

Mathers mengklaim bahwa The Sacret Chiefs (Para pemimpin Sakral) yang menghuni bintang telah mengangkat derajatnya ke golongan ketiga. Mathers juga mengklaim bahwa istrinya, Mina telah di bimbing oleh golongan ketiga melalui pendengaran dan penglihatan supranatural. Tahun berikutnya, Wescott mengundurkan diri karena di tuduh memalsukan naskah - naskah pendirian The Golden Dawn.

Selanjutnya, Mathers mencurahkan diri sepenuhnya untuk menerjemahkan kita ibrani, The Book of the Sacred Magic of ABra - Melin the Mage. Terjemahan ini di terbitkannya tahun 1898. Dia menegaskan buku ini sarat dengan pemahaman Metafisika.

Pada tahun yang sama, Universitas Cambridge mewisuda ALeister Crowley sebagai ahli ilmu klenik. Sarjana klenik ini kemudian menolak determinisme gurunya Plymouth Brethern yang terkenal keras. Setelah itu dia bergabung dengan komplotan rahasia The Golden Dawn ini dibawah bendera Mathers. Saat berada di jantung komplotan ini, Crowley mendepak anggota - anggota yang tidak sealur dengannya. Perilakunya kasar dan jahat. Pelecehan seksual kerap di praktekkannyadalam organisasi ini. Semakin dia bertindak, semakin dia menegaskan dirinya sebagai orang yang haus kekuasaan. Crowley menghembuskan citra dirinya sebagai Perdurabo (penanggung jawab hingga akhir). Karena itualh dia di sebut "Kakak Perdurabo".

Dalam waktu enam bulan, Mathers berhasil naik ke fase Adeptus Minor dalam golongan dua. Namun kelompok London, di bawah kepemimpinan Florence Farr, tidak mengakui prestasi Mathers.Akhirnya Mathers dan Crowley berselisih dan di keluarkan dari komplotan The Golden Dawn setelah terbukti berperang dengan menggunakan ilmu sihir. Di duga kuatnya perang antara mereka tentara setan yang di pimpin oleh Beelzebub. W.B.Yeats mengambil alih kepemimpinan golonga kedua.

Hal ini menjadikan Crowley mendendam The Golden Dawn. Akhirnya dia membocorkan rahasia- rahasia The Golden dawin yang di ulas tuntas dalam sepuluh edisi majalahnya; The Equinox.

Pada awal abad ke-20, The Golden Dawn terpecah menjadi beberapa kelompok yang eksis hingga tahun 1930-an. Diantaranya adalah Alpha et Omega (Mathers), Stella Matutina (Bintang Pagi- Yeats), Astrum Argenteum (Crowley), Holy Order of The Golden Dawn (Pesan Suci Fajar Emas)dan Fraternity of the Inner Light (persaudaraan Cahaya Batain).

Tahun 1937, seorang anggota stella matuntina, Israel Regardie, menerbitkan manual ritual - ritual dalam empat jilid secara besar - besaran. Buku ini mendorong munculnya sekte - sekte baru pengikut Golden Dawn, sekaligus menyulut kebencian terhadap para pelaku sihir semacam komplotan The Golden Dawn. Tapi, hal ini juga menyebabkankomplotan The Golden Dawn terus menjelma ke kelompok - kelompok yang tetap eksis hingga saat ini.

The Golden Dawn Research Center (Pusat Penelitian Fajar Emas, Lihat www.golden-dawn.org) menjadi sumber rujukan bagi para peminat ajaran dan praktek The Golden Dawn klasik. Pusat penelitian ini mendeskripsikan komplotan The GOlden Dawn sebagai sebuah kekuatan paling berpengaruh yang menstimulir lahirnya The Western Esotoric Tradition (Tradisi Esoterik Barat). Di halaman FAQ pusat penerlitian itu ditekankan pentingnya rahasia. Melalui rahasia, hak hak individu dan privasi bisa terjaga setiap saat. Karena setiap anggotanya bisa saja bekerja di lingkungan sensitif, jika keanggotaan mereka di ketahui bisa menimbulkan masalah. Ada alasan penting yang lain tentang pentingnya rahasia. Alasan ini adalah prinsip rahasia sekaitan proses alkemi yang harus di tampung tertutup agar rahasia tetep tersegel.

    << Homepage

tentang gw

Name: STEVIE
From: Pondok Gede, Bekasi, Indonesia
About me: SIMPLE MAN THAT JUST WANT TO SHARE MY KNOWLEDE.
More about me...

Last Post


Archives


Photos


www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from stevy. Make your own badge here.

Connectivity

Links

Leave Your Message


Free chat widget @ ShoutMix

Chat with Me


on Facebook


Stevy Hanny's Profile
Stevy Hanny's Facebook Profile
Create Your Badge

Visitors


Visitor Tracker


Entries RSS